Ketahui Apa Itu Brand Ambassador (BA)

BASelama ini kita tak jarang melihat seorang artis atau aktor yang memperkenalkan diri sebagai brand ambassador (BA) atau duta merek dari sebuah brand, organisasi, atau sebuah lembaga. Mereka umumnya akan memperkenalkan organisasi atau brand yang mereka wakili kepada publik dan juga kelebihan atau hal positif lain.

Dalam dunia pemasaran, terdapat berbagai macam strategi yang digunakan untuk bisa menjalankan promosi suatu produk. salah satu yang banyak digunakan dan diterapkan dalam taktik pemasaran adalah Brand Ambassador (BA). Apa itu brand Ambassador? Duta Merek atau Brand Ambassador (BA) merupakan istilah pemasaran yang digunakan untuk seorang atau grup yang memiliki kontrak untuk melakukan pemasaran suatu produk.

Brand ambassador dikenal sebagai salah satu cara buat melakukan promosi atau pemasaran suatu produk. untuk mengenal lebih dalam apa itu brand ambassador, ayo kita simak penjelasan lengkap mengenai pengertian brand ambassador.

Apa itu Brand Ambassador?

Brand ambassador (BA) merupakan orang yang diajak bekerjasama oleh sebuah perusahaan, organisasi, atau brand untuk menjadi ikon atau wajah dari perusahaan dengan jangka waktu tertentu dan kesepakatan-kesepakatan tertentu juga.

Seseorang yang diajak oleh sebuah brand untuk menjadi BA adalah mereka yang dikenal masyarakat. biasanya orang tersebut akan diberikan banyak informasi tentang produk sehingga mereka mempunyai pemahaman yang baik. Selain itu, seorang brand ambassador umumnya juga diminta oleh perusahaan buat menunjukkan rasa suka terhadap produk mereka serta ikut aktif memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas.

Secara sederhana brand ambassador merupakan orang yang mempromosikan merek dan produk ke jaringan mereka untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong penjualan dari produk tersebut.

Tanggung Jawab Brand Ambassador (BA)

1. Menyampaikan Review Jujur dan Baik

Seorang duta merek harus bisa memberikan review baik buat sebuah brand agar semakin banyak orang tahu tentang keunggulan brand tersebut. Bukan sembarangan review baik, akan tetapi tentunya review ini pula harus jujur. keberadaan review ini sangat berpengaruh pada keputusan pelanggan, apalagi dalam transaksi online di mana pelanggan tidak bisa melihat produk secara langsung.

2. Menjaga Reputasi Brand

Ada saja hal yang mungkin membuat reputasi brand naik turun. Tugas seseorang duta merek ialah menjaga agar reputasi merk tersebut tetap baik. seorang duta wajib bisa menciptakan citra baik brand yang direpresentasikan.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Brand Awareness ini sangat krusial pada sebuah bisnis. Sebelum berharap banyak orang yang akan membeli produk Anda, hal yang sebelumnya wajib dilakukan ialah memberi tahu pada dunia eksistensi produk tersebut. apabila semakin banyak orang sudah aware menggunakan produk yang kamu jual, nantinya penjualan juga akan meningkat.

4. Mendekatkan Brand dengan Customer

Pendekatan dengan customer bukan hal yang simpel. Bagaimana bisa membuat seseorang percaya serta tertarik untuk mencoba produk yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Ternyata saat sebuah merk berbicara lewat seorang influencer atau brand ambassador, kepercayaan customer dapat jauh meningkat dibandingkan dengan brand tersebut bicara sendiri. Hal ini membuktikan bahwa kiprah duta merek ini sangat krusial untuk perkembangan sebuah brand.

5. Hadir dalam Berbagai Acara

Seorang brand ambassador, terutama yang formal, mempunyai tanggung jawab untuk datang ke berbagai acara seperti peluncuran produk baru, bazar, juga acara lainnya sesuai dengan perjanjian yang dibuat dengan brand.

Brand ambassador (BA) merupakan elemen penting dalam kampanye pemasaran. Tujuannya mengenalkan merek secara lebih luas. Mereka adalah perwakilan merek yang menjaga citra sekaligus memengaruhi para pelanggan potensial.